Sabtu, 24 Desember 2011

Analisa Sosial Budaya terhadap Pengguna Laptop yang Mobile untuk Desain Meja Laptop Portable dan Multifungsi

Oke, untuk mendesain Meja Laptop yang Portable dan Multifungsi (sebagai Meja, Tas, dan Cooling Pad) saya melakukan analisa sosial budaya terhadapa pengguna laptop yang mobile. Dengan melihat Permasalahan yang terjadi di sekitar kita, melakukan Eksisting Produk dan survei dengan membuat Kuesioner sebagai data yang konkrit untuk Acuan/ Dasar Desain, dan membuat Solusi dari Acuan tersebut untuk memecahkan Permasalahan.


Permasalahan
Laptop saat ini merupakan kebutuhan bagi masyarakat yang mampu, terutama bagi mahasiswa. Dengan semakin meningkatnya angka pengguna laptop, muncul berbagai produk pendukung laptop untuk memenuhi kebutuhan pengguna laptop, seperti tas laptop, meja laptop dan cooling pad. Karena laptop adalah produk yang portable, maka dibutuhkan produk- produk pendukung yang portable juga.



Asia merupakan pengamsusi internet tertinggi

Angka pengguna internet saat ini juga semakin bertambah banyak, terutama di Asia. Sehingga tempat WiFi pun semakin bertambah dari bentuk tempat WiFi yang bermeja sampai yang tidak bermeja. Ini merupakan salah satu faktor bertambahnya angka pengguna laptop, dan kebanyakan mahasiswa yang memiliki laptop, karena saat ada tugas ataupun tugas kelompok yang membutuhkan pengetikan laptop sangat membantu melancarkan tugas- tugas mereka dimanapun dan kapanpun. Seperti di kampus, rumah/ kos, tempat WiFi, dll




Dengan  keaadan seperti itu pengguna laptop membutuhkan produk- produk pendukung seperti tas laptop untuk memudahkan saat membawa laptop dan dan sebagai pelindungi laptop. Meja laptop untuk memenuhui kenyamanan (egonomi) saat menggunakan laptop jika tidak terdapat meja, karena jika tanpa meja (laptop diletakkan diatas lantai) pergelangan tangan akan terasa cepat capek dan dapat menyebabkan cidera pada bagian tersebut, dan (laptop diletakkan diatas paha/ dipangku) paha akan terasa panas yang dapat menyebabkan penyakit. Dan Cooling Pad sebagai pendingin laptop, jika pengguna laptop menggunakan laptop dalam jangka panjang (berjam-jam) agar laptop tidak cepat panas yang dapat menyebabkan terjadinya overheat pada laptop.

Produk- produk pendukung cooling pad dan meja laptop tersebut jarang dibawa oleh pengguna laptop karena faktor ukuran yang terlalu besar, ribet membawanya dan kurang praktis. Sehingga pengguna laptop rela mengambil resiko- resiko yang akan terjadi seperti laptopnya cepat panas (tidak awet) dan tidak mendapatkan kenyamanan saat menggunakan laptop dan hanya mendapatkan kenyamanan di tempat tertentu.


Solusi

Dengan Acuan dari data Eksisting dan Kuesioner yang saya lakukan, dapat memudahkan dalam memecahkan Permasalahan dan mendesain produk yang sesuai dengan yang diinginkan oleh user. Sebgai berikut Solusi dari data-data yang saya dapat;

Sebagian data Eksisting:
Cooling Pad
Ini adalah contoh berberapa jenis cooling pad yang sudah ada, dari sini kita dapat mengidentifikasi dari masing-masing jenis.

Meja Laptop
Ini adalah contoh berberapa jenis Meja Laptop yang sudah ada, dari sini kita dapat mengidentifikasi dari masing-masing jenis.

Tas Laptop
Ini adalah contoh berberapa jenis Tas Laptop yang sudah ada, dari sini kita dapat mengidentifikasi dari masing-masing jenis.

Dari data eksisting tersebut saya membuat kuesioner, untuk mendapatkan data yang konkrit dari user sebagai Acuan/ Dasar Desain

ini adalah link kuesioner yang saya buat dan hasilnya:`
KUESIONER PENGGUNA LAPTOP

HASIL KUESIONER PENGGUNA LAPTOP 

Dengan 60 tanggapan dari sebagian Kuesioner tersebut dapat disimpulkan:

Dari tanggapan Meja Laptop kuesioner diatas:
Posisi anda dalam menggunakan laptop

dimeja
22
37%
sambil duduk bersila
18
30%
sambil duduk berselonjor
7
12%
sambil tiduran
8
13%
berdiri
0
0%
Other
5
8%
saat anda menggunakan laptop berjam-jam tanpa meja/ meja laptop apakah anda lebih cepat capek?
capek                      tidak capek

1
capek
32
53%
2
4
7%
3
12
20%
4
6
10%
5
tidak capek
6
10%
apakah anda memerlukan meja/ meja laptop saat menggunakan laptop?
perlu                    tidak perlu

1
perlu
18
30%
2
5
8%
3
6
10%
4
8
13%
5
tidak perlu
23
38%
37% (tertinggi) posisi mengunakan laptop diatas meja,
53% mengggunakan laptop tanpa meja lebih cepat capek dan 10% tidak capek
Tetapi ketika ditanya apa perlu meja laptop? 30% yang menjawab perlu, 38% yang menjawab tidak perlu
Dengan alasan: ribet, repot, makan tempat dll, dari sebagian yang mengatakan "tidak perlu" alasan tersebut dapat dilihat disini:  HASIL KUESIONER PENGGUNA LAPTOP


Dari tanggapan Cooling Pad kuesioner diatas:
saat anda menggunakan laptop berjam-jam tanpa cooling pad, apakah laptop anda panas?
panas                   tidak panas

1
panas
37
62%
2
8
13%
3
11
18%
4
1
2%
5
tidak panas
3
5%
apakah anda memerlukan meja/ meja laptop saat menggunakan laptop?
perlu                      tidak perlu

1
perlu
32
53%
2
8
13%
3
11
18%
4
2
3%
5
tidak perlu
7
12%
37% (tertinggi) posisi mengunakan laptop diatas meja,
62% mengggunakan laptop tanpa Cooling Pad lebih cepat panas dan 5% tidak panas  
Apakah anda memerlukan cooling pad saat menggunakan laptop?  53% perlu dan 12% tidak perlu
Dari sebagian yang mengatakan “tidak perlu” dengan alasan repot tidak nyaman dan ribet, alasan tersebut dapat dilihat di sini  HASIL KUESIONER PENGGUNA LAPTOP


Dengan Acuan tersebut dapat dijadikan dasar untuk mendesain dan memecahan permasalahan yang ada. Dan dapat disimpulkan bahwa user tidak membawa Cooling Pad dan Meja laptop karena Faktor ukuran dan Ribet/ Repot. Dari masalah itu Saya mendesain Tas Laptop yang Multifungsi dengan Menggabungakan Tas Laptop, Meja Laptop dan Cooling Pad menjadi satu. Agar Pengguna Laptop yang Mobile dapat mendapatkan kenyamanan dimana pun mereka berada. 
Dengan melakukan studi existing produk-produk yang sudah ada dapat digambarkan seperti ini:
dengan metode penggabungan model/ jenis produk yang sudah ada


 Dari penggabungan 3 konsep produk tersebut
membuahkan  produk baru


trimakasih, semoga bermanfaat ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar